logo CUKKd
KSP Credit Union Keluarga Kudus
Badan Hukum No : 67.a/BH/PAD/X, tanggal 22 September 2011
Jl. KS Tubun No.1B | Pontianak | Kalimantan Barat | Indonesia
Email : cukeluargakudus@yahoo.com
Telp : (0561) 740511
Pewarta

Pengertian PEWARTA

Perlindungan Warisan Anggota (PEWARTA) adalah perlindungan bersama milik anggota Puskopdit Borneo yang terdiri dari Swasa dan Betang, bertujuan mengelola risiko simpanan dan pinjaman anggota di CU Primer.

 

Produk PEWARTA

PEWARTA terdiri dari 2 produk :

a. Santunan warisan solidaritas anggota (Swasa) adalah santunan atas simpanan anggota yang meninggal dunia.

b. Bebas beban hutang (Betang) adalah perlindungan atas risiko pinjaman anggota yang meninggal dunia atau cacat total teta

 

Simpanan Yang Disantuni Dan Pinjaman Yang Dilindungi

(1)   Simpanan anggota yang disetor sampai dengan usia 75 tahun.

(2)   Saldo pinjaman anggota usia 21 tahun sampai dengan usia  75 tahun. (3)   Saldo pinjaman anggota usia kurang dari 21 tahun dan sudah menikah.

 

 

Plafon Santunan Swasa

(1)   Maksimal Rp 5.000.000,00 (lima juta rupiah) untuk anggota yang berusia sampai dengan 1 tahun.

(2)   Maksimal Rp 50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah) untuk anggota yang masuk pada usia 1 tahun sampai dengan 60 tahun.

(3)   Maksimal Rp 10.000.000,00 (sepuluh juta rupiah) untuk anggota yang masuk pada usia lebih dari 60 tahun sampai dengan 75 tahun.

(4)   Jika terjadi penarikan simpanan pada usia lebih dari 75 tahun, maka santunan yang dibayarkan sebesar saldo simpanan terendah pada saat meninggal dunia.

 

Plafon Perlindungan Betang

(1)   Maksimal   Rp 200.000.000,00 (dua ratus juta rupiah), untuk  anggota yang berusia kurang dari 21 tahun dan sudah menikah.

(2)   Maksimal  Rp 200.000.000,00 (dua ratus juta rupiah). untuk anggota yang berusia 21 tahun s.d. tanggal lahir atau ulang tahun ke-55.

(3)   Maksimal   Rp 150.000.000,00 (seratus lima puluh juta rupiah) untuk anggota yang berusia lebih dari 55 tahun s.d. tanggal lahir atau ulang tahun ke-60.

(4)   Maksimal     Rp 50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah) untuk anggota yang berusia lebih dari 60 tahun s.d. tanggal lahir atau ulang tahun ke-69.

(5)   Maksimal Rp 25.000.000,00 (dua puluh lima juta rupiah), untuk anggota yang berusia usia lebih dari 69 tahun s.d. tanggal lahir atau ulang tahun ke-74.

 

Ketentuan Santunan Dan Perlindungan

(1)   Simpanan yang disantuni, sebesar saldo terakhir pada saat anggota meninggal dunia sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

(2)   Pinjaman yang dilindungi, sebesar saldo terakhir pada saat anggota dinyatakan cacat total tetap atau meninggal dunia sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

(3)   Anggota yang tidak menyetor Simpanan Wajib selama 12 (dua belas) bulan maka simpanan anggota tidak diberikan Santunan Swasa.

 

Dokumen Pengajuan Santunan Dan Perlindungan

(1)   Surat keterangan meninggal dunia yang asli atau fotocopy yang telah dilegalisir dari pejabat pemerintah atau Rumah Sakit atau Puskesmas atau Pemuka Agama. Surat keterangan  tersebut  harus  menyebutkan penyebab  yang bersangkutan  meninggal dunia.

(2)   Kartu identitas diri. berupa KTP atau SIM atau Surat Keterangan Penduduk yang ditandatangani oleh Ketua RT atau Lurah atau Kepala Desa setempat, yang asli dan masih berlaku, atau fotocopinya yang dilegalisir.

(3)   Buku simpanan anggota yang asli. (4)   Buku pinjaman yang asli.

(5)   Kartu, buku atau sertifikat simpanan yang asli.

(6)   Surat permohonan dan perjanjian pinjaman yang asli. (7)   Surat keterangan pemeriksaan berkas dari Pengawas.

(8)   Khusus penarikan simpanan setelah anggota meninggal, harus menyertakan berita acara penarikan simpanan yang ditandatangi oleh ahli waris yang sah dan pihak manajemen CU peserta.

(9)   Bagi anggota yang status keanggotaannya di beberapa CU peserta anggota Puskopdit

Borneo, tetap melengkapi berkas administrasi sesuai ayat (1) s.d. (8).

 

Ketentuan Pewarta tentang Pemberian Pinjaman

(1)   Pemberian pinjaman harus sesuai dengan pola kebijakan KSP Credit Union Keluarga Kudus.

(2) Surat Permohonan dan Surat Perjanjian Pinjaman/Perjanjian Kredit harus ditandatangani atau dibubuhi cap jempol oleh anggota yang bersangkutan serta ditandatangani oleh Bagian Kredit.

(3)   Dalam   Surat   Permohonan   dan   Surat   Perjanjian   Pinjaman/Perjanjian   Kredit dicantumkan tujuan pinjaman secara jelas dan spesifik.

 

Kategori Cacat total tetap

(1)   Anggota yang kehilangan kedua tangan dan atau kedua kaki.

(2)   Anggota yang buta kedua mata.

(3)   Anggota yang lumpuh total.

(4)   Anggota yang sakit jiwa permanen.

 

Dokumen Pengajuan Perlindungan Cacat Total Tetap

(1)   Melampirkan dokumen sesuai pasal 36 ayat 2, 4, dan ayat 6.

(2)  Melampirkan surat keterangan dari Pejabat Desa setempat untuk anggota yang kehilangan kedua tangan dan atau kedua kaki, atau anggota yang buta kedua mata.

(3)   Melampirkan surat keterangan dari Dokter:

a. Untuk anggota yang lumpuh total, pengajuan dapat dilakukan terhitung 3 bulan sejak dikeluarkan surat keteranga

b. Untuk anggota yang sakit jiwa permanen, pengajuan dapat dilakukan terhitung 6 bulan sejak dikeluarkan surat keterangan.

(4)   Melampirkan surat keterangan pengecekan lapangan oleh manajemen KSP Credit Union Keluarga Kudus yang diketahui oleh Ketua Pengawas. (5)   Melampirkan foto anggota yang bersangkutan

 

Penerimaan Dokumen

Pengajuan santunan Swasa dan perlindungan Betang harus sudah diterima KSP Credit Union Keluarga Kudus selambat-lambatnya 90 (sembilan puluh) hari  setelah anggota meninggal dunia.